{ float:left; color: #000000; background:#ffffff; line-height:80px; padding-top:1px; padding-right:5px; font-family:times; font-size:100px; }

Rabu, 08 Juli 2009

SEKILAS SEJARAH KABUPATEN MUKOMUKO

A. Asal Nama Mukomuko
Setiap masyarakat tradisional mempunyai sejarah asal-usulnya termaksud
sejarah asal nama daerah atau tempat yang di huninya. Dari sudut pandang kebudayaan,sejarah atau kisah tentang asal-usul sebuah nama tempat atau nama daerah termaksud dalam kelompok legenda.
Masyarakat Mukomuko, sebagaimana halnya masyarakat rejang ,pekal, serawai dan lembak di Bengkulu, serta masyarakat lainnya di Nusantara,memiliki legenda tentang asal-usul daerah mereka. Legenda asal-usul nama tempat itu merupakan sejarah yang secara lisan dikembangkan serta di sebarluaskan dari generasi ke generasi berikutnya, di yakini kebenarannya sebagai suatu peristiwa nyata pada masa lampau. Dalam kaitan ini, masyrakat Mukomuko mengenal dua Pendapat tentang kisah sejarah asal nama Mukomuko. Ke dua pendapat ini ada kesamaan dan ada perbedaannya. Dan di yakini kebenarannya yang terjadi pada masa lampau.
Berikut ini saya sajikan bentuk pendapat kisah tentang asal nama Mukomuko .

Penduduk Mukomuko pada mulanya bertempat tinggal di suatu daerah yang di
beri nama Padang Ribunribun. Penduduknya terdiri dari dua kelompok yang tergabung dalam 7 (tujuh) nenek antara lain :
1. nenek bergelar Maharajo Namrah
2. nenek bergelar Maharajo Terang
3. nenek bergelar Maharaja Laksamana
4. nenek bergelar Rajo Tiangso
5. nenek bergelar Rajo Kolo
6. nenek bergelar Koto Pahlawan
7. nenek bergelar Rajo Mangkoto

Para sesepuh ini kemudian membentuk suatu negri yang di kepalai oleh seseorang
Penghulu Adat sebagai kepala dari seluruh suku tersebut yang di sebut Datuk. Dalam melaksanakan tugasnya datuk di Bantu oleh kepala suku.
Setelah beberapa tahun lamanya daerah ini di beri sebutan Teluk Kuala Banda Rami. Sebutan ini di beri sebutan oleh pendatang dari kerinci. Pendatang ini adalah seorang yang membawa dagangan dari Sungai Ipuh dan menyelusuri sungai Selagan dengan menggunakan rakit hingga sampai ke muara, yang yang merupakan pelabuhan biduk-biduk yang datang dari berbagai daerah untuk berniaga, seperti dari indrapura, bugis dan sebagainya. Karena nama tersebut di buat oleh kaum pendatang maka kepala para kepala suku mengadakan musyawarah di Padang Ribunribun untuk mencari nama yang sesuai bagi daerahnya, nama yang tidak dari pemberian seorang pendatang, melainkan nama yang di sepakati bersama oleh mereka.lebih kurang selama 6 purnama mereka bermusyawarah belum juga ada kesepakatan tentang nama yang mereka kehendaki untuk daerah mereka.
Pada purnama ke 7 mereka kedatangan 3 orang tamu dari pagarruyung. Tamu tersebut adalah :
1. Paduko Rajo
2. Marajo nan kayo
3. Marajo gedang

Setelah berbasa-basi, salah seorang dari mereka bertanya kepada pimpinanya
Musyawarah. Yaitu maharajo namrah tentang musyawarah yang mereka lakukan dengan duduk berhadap-hadapan ini. Maharajo Namrah menjawab bahwa mereka ingin mencari nama yang baik untuk daerah yang mereka tempati.
Mendengar pernyataan itu maka tamu tadi berkomentar, “ berarti sudah tujuh purnama kalian berhadapan muka (bermukomuko).” Mendengar ucapan tamu tadi kepala suku menjawab, “kalau demikian, negeri ini kita beri nama Mukomuko.


1. Pendapat kedua
Mengisahkan bahwa awalnya adalah Lunang. Di uraikan sebagai berikut
dahulunya Mukomuko bernama kerajaan Talang kayu embun. Tahun 1529 terjadi keributang antara kerinci dengan kayu embun tentang batas kerajaan untuk itu Sultan Firmansyah rajo indrapuro di perintah dan di atur bermukomuko di rumah gedang lunang yang di hadiri :
1. pemangku lima,dari kerinci depati empat
2. depati laut tawar dari Mukomuko
3. sultan Muhammad syah dari indrapura
4. penghulu delapan dari lunang

Hasil musyawarah,pada hari senin 10 Maret 1529 adalah resminya nama
Mukomuko dan resminya batas Mukomuko dengan Kerinci,ialah darei renah sianit sampai bukit setinjau laut.
Raja pertama di Mukomuko adalah Raja Adil,raja ke dua Rajo mudo kawin penekan sang depati laut tawar,raja ke tiga Maharaja gedang dengan penakan sang depati laut tawar.

Persamaan kedua pendapat di atas adalah : bahwa istilah Mukomuko menunjuk kepada musyawarah yang di lakukan untuk mencari,menemukan,dan menyepakati nama yang sesuai untuk daerah mereka.
Perbedaannya terletak pada waktu terjadinya peristiwa. Pendapat pertama tidak menunjuk angka,tahun. Pendapat ke dua menunjuk waktu tertentu yaitu hari senin,bulan Maret, tahun 1529.

B.Kedatangan bangsa barat

Awal kedatangan bangsa eropa dilator belakani oleh dagang. Melakaukan perjalanan ke timur jauh untuk mendapat kan rempah-rempah yang tidak tumbuh di bumi mereka. Tujuan orang barat datang ke nusantara (termasuk muko-muko) untuk mengarungi lautan dan mengambil rempah-rempah dari pulau-pulau penghasil nya. Dahulunya muko-muko mempunyai komditas ekspor sepeti rempah-rempah,sarang burung dan emas yang dibuthkan oleh orang-orang luar. Kata orang mutu emas mukomuko disbanding


B.Dari Anak Sungai ke Mukomuko

Pada abad XVI di utara provinsi bengkulu terdapat kerajaan anak sungai. Wilayah nya dari utara sungai manjuto hingga air urai di selatan. Sultan bernama encik redik,keturunan raja-raja pariaman. Kerajaan ini meliputi daerah negeri 14 kota(mukomuko),negeri 5kota(bantal),negeri proatin nan kurang 160(seblat) dan ketahun
Secara tradisional,kerajaan anak sungai dianggap sebagai rantau dari kerajaan Minangkabau,dan pada permulaan abad XVII merupakan propinsi dari kerajaan indrapura di bawah Sultan Muzaffar syah (1620-1660).
Sebagaimana kita ketahui dari catatan sejarah yang ada,pada permulaan abad 17 kerajaan indrapura berada di bawah pengaruh Aceh sampai akhir pemerintahan sultan iskandar muda. Sejak jaman pemerintahan sultan iskandar Thani pengaruh aceh di indrapura berkurang. Sehingga sultan indrapura,Muhammad syah(1660-1691) pada tahun 1663 kerajaan indrapura membuat perjanjian dengan VOC.dan pada tahun 1685 mengadakan perjanjian dengan inggris pada pertengahan abad XVII,kerajaan anak sungai masih di bawah kekuasaan kerajaan indrapura,yang wakilnya berkedudukan di manjuto dengan menyandang gelar raja adil, yaitu tuanku sungut,kemenkan laki-laki sultan Muhammad syah.
Pada tahun 1693 inggris menarik diri dari indrapura,karena sultan indrapura,raja mansyur yang menjatuhkan sultan Muhammad syah atas bantuan VOC,menetapakan salah seorang putranya merah bangun sebagai wakilnya (raja adil) di manjuto. Melihat keadaan demikian, inggris mengakui merah bangun dan gulemat sebagai penguasa bersama atas wilayah anak sungai,dan pada tanggal 16 September 1695 EIC mengakui pemerintah bersama mereka. Pada tanggal 26 September 1695 EIC mengadakan perjanjian dagang dengan kerajaan anak sungai, dimana EIC memperoleh hak-hak monopoli dagang di daerah antara manjuto dan ketahun.
Pada tahun 1717 pos dagang EIC ( imggris ) di pindahkan ke Mukomuko.
Pos ini di perkuat oleh sebuah benteng yang di bangun dengan tembok yang kokoh dan di beri nama Anna.
dengan tidak adnya perhatian maka pada tahun 1773 beberapa daerah mengambil tindakan kekerasan secara terang-terangan terhadap inggris. Di Mukomuko sejak tahun 1772 terjadi protes dan para petani selalu mengadakan rapat-rapat untuk menentang inggris.
Pada tahun 1798,sultan Mukomuko mengadu ke fort Marlborough mengenai kekejaman residen inggris,jhon Campbell,dan meminta supaya residen tersebut di berhentikan.
Pada masa stanfort Thomas raffles di Bengkulu pada tanggal 4 Juni 1818 menghapus system tanam paksa lada yang di lakukan oleh komisaris ewer yang kenyataannya sangat memberatkan rakyat sehingga rakyat merasa betul-betul di eksploitasai oleh para pejabat kompeni. Kemudian suktan Mukomuko, pangeran sungai lemau,dan pangeran sungai hitam di jadikan pejabat pemerintah colonial dengan gaji tertentu. Setiap keluarga memebayar 1 Dollar spanyol Setiap tahunnya sebagai ganti rugi dari penghampusan system tanam paksa.
Terhadap kerajaan mukomuko,pos residen inggris dihapuskan dan pemerintah kerajaan diserahkan kepada Sultan Mukomuko,Hidayat Syah (1789-1828),dengan diberi 600 ringgit sebulan.

C . Sejarah Berdirinya Kabupaten Mukomuko
Kabupaten Mukomuko berdiri dengan dasar UU RI Nomor 3 Tahun 2003,tanggal 25 Februari 2003. Pembetukan Mukomuko sebagai kabupaten terpisah dari induk nya yakni Bengkulu Utara dilandasi berbagai pertimbangan strategis,yang bermuara pada pengembangan wilayah dan optimalisasi pembangunan daerah. Kabupaten ini dibentuk atas ketentuan perundang-undangan yang berlaku,serta motivasi untuk membangun daerah
Adapun UU RI Nomor 3 Tahun 2003 sebagai dasar hokum berdirinya Kabupaten Mukomuko.

22 komentar:

  1. keerennn, saya bangga jadi anak mukomuko

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum wang bengkulu, datok nenek aku wang bengkulu juge. Tapi kini kami menetap di Malaysia. Aku cume nak tanye, ade sesiape yang pernah dengo name "BUPATI CHANDONG" atau dari keluarganya atau sejarahnye... harap dapat feedback yang baik jak sanak sedaro dari bengkulu. Terime kasih

    Like · Maszdi Mad and Wawan Watervang like this.

    BENGKULU: Saya tidak pernah dengar nama Bupati Chandong pak. Apa ada nama lain?

    Izzuddin Zain: tidak diketahui... saya; mohammad izzuddin bin mohammad zain bin haji kadrai bin hj zainuddin @ resai bin bupati chandong. atas lagi tidak diketahui... perpindahan ke malaysia bermula dari hj zainuddin membawa keluarga dan anaknya haji kadrai. Semasa di Malaysia mohammad zain dilahirkan (bapa kepada saya)... saya cuba mencari sanak saudaro yang ade tapi die tahu. Ape yang saye faham "bupati" merupekan gelaran... apa pun terime kasih... semugo kite wang bengkulu dirahmati Allah selalu...

    15 hours ago · Like · 1


    Anslaw Andre Pare Pare: aa...awak pernah denga namo bupati chandong tu.klw dak salah asal muasal nyo dari kabupaten Muko Muko tu,cubo lh tanyo samo orang mukomuko pasti dio tau tu, tul betul betul...!

    Mohon jika ade yang pernah tahu, berkonsi info ini untuk cucu-cicitnya. Terime kasih sekali lagi untuk sanak saudare yg ade...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau boleh tau sang bupati chandong itu suku melayu ny suku ap?kalau di telusuri sukuny,mungkin bisa ketemu cicit ny,kalau dari melayu setau awak,ad macam nenek monyang namo nyo putri sekoding,atau yang lain,mungkin kalau sanak bisa sebut siapa nenek moyang ny,bisa ketemu,di mukomuko sendiripun masih ad kepala kepala suku yang pegang semacam peta silsilah nenek moyang dan keluarga

      Hapus
    2. bupati chandong itu dizaman pnjajahn jepang klu egk slh nm bupatinya benmn bpk zainul dn kbtln beliau pnya anak yg pergi kemlaysia saya lpa nma anknya dn kbtln sy cucunya bpti chandong tersbut,,,dn smpai detik ini kmi msih mncri kbrdaan anak datuk kmi yg pergi kemalysia itu krn tdk ad kbr,,,,,

      Hapus
    3. Mohon maaf pak.zainudin .saya anak dari alm Imron tamsir bin Tamsir hasan bin jalil (kami pernah bertanya kpd bapak kami imron tamsir keturunan poyang muko muko siapo ajo.lalu alm bapak pernah berkata Bahwasanya silsilah poyang muko muko /Tembo itu ada di melaka.malaysia dulu..apa benar ya klo ada yg tau...trim

      Hapus
  3. Ass wr wb user,
    Ada yang tahu tentang periode tahun 1939 -149, seorang pria muko-muko bernama Arif, yang mana pada periode tersebut atau 10 tahun sebelumnya beliau sebelum neninggal di tapan bertugas mengajar di sebuah sekolah dasar (SR) di tapan, dan disemayangkan di muko-muko? Saya adalah cicitnya yang sedang tracking keberadaan masa lalunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wsslm,
      Ada yang tahu tentang periode tahun 1939 -149, seorang pria muko-muko bernama Arif, yang mana pada periode tersebut atau 10 tahun sebelumnya beliau sebelum neninggal di tapan bertugas mengajar di sebuah sekolah dasar (SR) di tapan, dan disemayangkan di muko-muko? Saya adalah cicitnya yang sedang tracking keberadaan masa lalunya
      reply,dari tahun 39-49 ya?kalau saran saya,untuk mencari kerabat kerabat yang telah lama,baik nya di mulai dari kaum nya terlebih dahulu,karna di mukomuko,itu ada yang nama nya kaum,mungkin dari kaum kaum nya itu nanti akan dapat celah untuk informasi lebih lanjut

      Hapus
  4. Jadi tahu sejarah Mukomuko...syukran...

    BalasHapus
    Balasan
    1. satu lagi blog orang mukomuko http://mukomukoshare.blogspot.com/

      Hapus
    2. mukomukoshare ko mantap ma,,makin paten ce . . hehe

      Hapus
    3. @Joni Sadwin: Baarakallahu fiikum bang Joni...

      Hapus
  5. Mantap .. .

    Tolong dong min artikel asal usul tari gandai di mukomuko, panek awak cari artikel tentang itu, ndak dapek2 do di wan 9009L3.

    Sukses wat PPM,
    Salam Blogger.

    BalasHapus
  6. Asal dari lubuk pinang, arah tigo

    BalasHapus
  7. Ada Ɣªήğ tau ga Muhammad Baus, moyang sy di muko muko sekitar pemerintahan Inggris wktu itu, wkt ke muko muko 15 thn Ɣªήğ lalu, tidak ketemu dengan Ɣªήğ pegang silsilahnya... Makasih

    BalasHapus
  8. Saya anak keturunan muko-muko... Kakek saya bernama sofyan yang konon ceritanya kakek dan anaknya bernama syam sinar berlari kehutan karna dikejar jaman pembrontakan.. Ada yang tau ceritanya yg lebih pasti mohon pencerahan

    BalasHapus
  9. Yang selamat hanya kakak dr ayah saya... Karna keluarga sudah dijakarta semua jd saya ingin tahu asal muasal sejarah muko-muko

    BalasHapus
  10. Yang selamat hanya kakak dr ayah saya... Karna keluarga sudah dijakarta semua jd saya ingin tahu asal muasal sejarah muko-muko

    BalasHapus
  11. Asalamua alaikum semua soudara yg berasal dari muko muko..ijinkan saya memperkenalkan diri.nama putra bin Tamsir hasan bin Hasan tamsir bin Jalil alias jazil yg ber istri siti mawar(Upik Belang) yg ingin kami tau siapa BAPAk dari poyang/nenek kami siti mawar dan ibunya..terima kasih semua

    BalasHapus
  12. Mohon maaf sanak sekalian yang masih berada d muko muko ataupun sudah d daerah rantau dimanapun berada. Saya keturunan dari nenek saya yang bernama almh,Syamsiwar. Nenek saya ini mempunyai beberapa saudara yang ada berada d tanah Malaysia sekarang. Nenek kami ini mempunyai ayah nya yang bernama Sutan Parman. Adakah dunsanak yang mengetahui tentang sosok Sutan Parman ini dahulunya d tanah Mukomuko?

    BalasHapus
  13. Kalau negeri 5 kota, sesiapa yang pernah menjabat pemimpin di sana Tuan?
    Saya mencari tahu soal ayahanda kakek saya Zuajir Thaib.

    BalasHapus

 
Nama_Blog_Anda is proudly powered by Blogger.com | @CopyRight 2008